Eid Mubarak!


Setelah tinggal di sini dan menyadari bahwa lebaran kali ini akan biasa-biasa aja, saya jadi ga kepikiran buat ngapa-ngapain. Masak pun nggak, males banget rasanya belanja cari bahan-bahan yang berarti harus ke toko asia. Kebetulan minggu ujian sudah di depan mata ditambah beberapa deadline yang datang menghadang, jadi deh hari-hari terakhir Ramadhan diisi dengan bolak-balik biblio, belajar bareng, dan urusin beberapa kerjaan. 

Rencana saya di hari lebaran hanyalah solat ied di aula tempat biasa muslim Indonesia Munich berkumpul, makan-makan, silaturahmi sebentar, lalu pulang karena besoknya ada satu ujian. Untung aja saya ga harus ujian di hari pertama lebaran, kalau iya, bisa dipastikan ga ada kata "lebaran" dalam kamus hidup saya tahun ini.

Malam takbiran saya ditemani oleh slide-slide bahan ujian, kertas coret-coret, dan video call bersama sahabat-sahabat saya di Belanda dan Perancis. Malam itu nyaris ga ada bedanya dengan malam-malam lain, malah lebih sunyi, ga ada suara tetangga ngobrol atau keriaan dari bar di lantai atas, sebagian besar dari kami memang sedang mempersiapkan ujian, sebagian lagi sudah pergi untuk liburan musim panas. Saking rindunya dengar takbir, saya sampai cari rekamannya di youtube :'). Masih merinding tiap kali denger takbir, lebih merinding lagi karena ini pertama kalinya saya berlebaran idul fitri (karena lebaran idul adha udah 3 tahun terakhir ga pernah di rumah lagi) jauh dari keluarga. Tiba-tiba jadi delusional ngebayangin "Jam segini biasanya udah disuruh Mama nyapu sama ngepel rumah", "Jam segini biasanya rumah udah mulai rame kedatangan keluarga dan suara tuyul-tuyul kecil yang ga terhitung jumlahnya". Tambah sedih lagi kalo buka timeline media sosial yang berisi postingan orang-orang menyambut serunya Idul Fitri.

Pagi hari waktu Indonesia, saya berusaha nelfon Papa Mama tapi tidak ada jawaban. Percobaan kedua, saya ditolak mentah-mentah aja dong, alasannya karena di rumah lagi rempong berat tamu-tamu mulai dateng huhu. Akhirnya saya baru sempat nelfon agak lama waktu mereka lagi dalam perjalanan menuju bandara (yes, ke Padang! #iri). Ternyata rasanya biasa aja, ga ada adegan mewek-mewek di telfon haha.

Saya sendiri cuma merayakan lebaran dengan solat ied, makan-makan, dan silaturahmi. Lontong, rendang, opor, sambel goreng ati, acar, dan telor balado pun akhirnya masuk juga ke perut ini plus kue kering wajib kaastengels, nastar, dan putri salju plus pulangnya bawa bekel cake dan anggur haha. Lumayan lah berkah lebaran buat anak mahasiswa :')

Kalo boleh tuker sih pasti pengen ada di Indonesia pas hari lebaran. Tapi nanti jadi ga punya bahan buat diceritain dong, gimana rasanya lebaran di rantau. Lebaran pertama dan sepertinya masih akan ada lebaran-lebaran berikutnya yang harus dilalui jauh dari rumah. Yah namanya juga hidup, kalo gitu-gitu aja kan ga rame. Bukan begitu, bukan?


"Walaupun banyak negeri kujalani, yang mahsyur permai di kata orang, tetapi opor dan lontongku~ disanalah kurasa senang~"

No comments: