Akhirnya Skandinavia






Traveling ke negara-negara Skandinavia selalu masuk dalam bucket list saya dan Norwegia selalu jadi negara pertama yang wajib dikunjungi dibanding negara-negara saudaranya yang lain. Wacana mengunjungi Skandinavia sudah ada sejak saya tau akan tinggal di Jerman dalam beberapa tahun ke depan (haha!). Pokoknya selama tinggal di benua biru ini harus sempat ke Skandinavia (walaupun tau setelah itu akan langsung jatuh miskin). Namun saat itu hanya jadi sekedar wacana saja karena saya harus cari jadwal libur kuliah (udah bela-belain ke Skandinavia, rugi banget kalo cuma 3-4 hari, kan?), harus cari tiket murah (maklum, mahasiswa), dan yang paling utama adalah mempersiapkan tabungan yang cukup.

Wacana akhirnya berubah menjadi rencana. Perburuan tiket Munich - Oslo pun dimulai. Mulai dari cek web tiap detik, dateng ke agen travel, sampe datengin Munich Airport semua dilakuin, demi dapet tiket semurah-murahnya. Tiket sudah di tangan, rasanya seneng luar biasa. Nelfon Ayah buat ngabarin, dia malah balik nanya: "Norway aja? gak ke negara tetangganya yang lain sekalian?". Woohoo, your wish is my command, Daddy!

Rencana awal adalah mengejar Aurora Borealis di Tromsø, kota di utara Norwegia yang sudah masuk lingkar Arktik, yang katanya hanya berjarak sekitar 350 km dari pusat kutub utara. Disinilah, menurut review-review traveler hardcore, Aurora dapat terlihat. Namun apa daya, rencana tinggal rencana. Setelah berpikir matang-matang terutama dari segi keuangan, saya membatalkan rencana ke Tromsø dan menggantinya dengan mini tour keliling Norwegia dan Swedia saja. Semoga masih diberi kesempatan melihat Aurora di lain waktu, amin!

Setelah berunding dan ngecek ini itu, diputuskanlah bahwa saya (dan teman) akan menghabiskan waktu 9 hari (full, ga pake leyeh-leyeh) di 4 kota (Oslo, Stockholm, Stavanger, dan Bergen), 2 negara. Persiapan pun kami lakukan, mulai dari mengontak teman-teman di sana sampai memilih 3 baju (saja) untuk 9 hari perjalanan (Ooops sori buat yang harus selalu geret-geret koper, kita mah anaknya ranselan aja :p).

Selain berkeliling kota, pergi dari satu taman ke taman lain, mengejar sunset di pulau kecil di Stockholm, dan mengunjungi istana, akhirnya kami sampai juga di Preikestolen yang terkenal itu. Menyusuri Lysefjord walaupun angin laut utara menerjang hebat dan minum lelehan gletser. Jangan tanya berapa uang yang kami "ikhlasin" buat nyampe ke Fjord, mending ga makan deh daripada udah jauh-jauh ke Norway tapi ga ke Fjord #prinsip. Alhamdulillah, satu bucket list berhasil terpenuhi.




Lysefjord

Menyusuri pegunungan es di atas ketinggian lebih dari 1200 meter selama 7 jam perjalanan Bergen - Flåm - Oslo yang kata orang adalah Europe's Top Scenic Train Routes, benar-benar bikin merinding. Saya ogah tidur barang semenit pun daripada harus kelewatan pemandangan yang bikin nganga lebar.


Masuk ke National Gallery Oslo dan memandangi lukisan-lukisan Edvard Munch. Berpose di depan lukisan "Scream" karya Edvard Munch yang terkenal itu. Membeli kartupos dari setiap kota untuk koleksi pribadi dan untuk dikirim ke orang-orang kesayangan, menerjang badai angin bersalju yang datang tanpa permisi di Stockholm, nyasar ke taman remang-remang, dan memandangi North Sea yang tanpa ujung.

Entah ada daya tarik apa tentang Skandinavia yang membuat saya sangat ingin kesana dari dulu. Mungkin, seperti kata seorang teman: "Kamu ga akan rela menghabiskan uang terakhirmu kalau bukan karena itu adalah mimpi yang ingin kamu wujudkan."

Ketika saya akhirnya menyusuri Fjord, saya berbicara pada diri saya sendiri: "Akhirnya sampai di sini". Saat itulah saya sadar, satu mimpi telah menjadi kenyataan.

Sunset catcher di Stockholm

Stavanger



2 comments:

the crazy hair said...

SENANG KAMU AKHIRNYA KE SKANDINAVIA! OMG it's like a dream comes true ya pep.

Wish me luck on my bucket list (susyeh sih ke macchu picchu tapi siapa tau ye) hahaha.

Love you to the moon and back!

Fetriza Rinaldy said...

PUAS BANGET WALAUPUN ABIS INI JADI GELANDANGAN.

London dulu aja keleusss yang deket dan masih masuk akal hahaha.

i lop yu tuu :*