from Borneo with love

aloha!
Assalamualaikum!
Apakabar!

Lanjut ya, cerita tentang Kalimantan. Setelah hari pertama terlewati, kita mulai ngerasain suka-dukanya hidup disini. Kita kerja di kilang, di bagian Enviromental, HSE. Hari pertama kerja, kita ke kantor besar dulu, ke Bagian Hupmas untuk lapor dan dapet penjelasan singkat selama disana. Setelah itu lalu kita dianter ke kilang, oh iya sebelumnya sewaktu kita nunggu mobil jemputan yang akan nganter kita ke kilang, tiba-tiba ada seorang laki-laki yang nampaknya terburu-buru dan langsung nyalamin kita dan.. ternyata dia adalah alumni Mesin ITB (gw lupa nama dan angkatan berapa), mungkin karena dia ngeliat kita pake jas almamater atau mungkin juga ngeliat muka melas adik-adiknya ini, jadilah dia nyalamin kita, solidarity forever, is it? ;)

Kita dianter ke kilang dan mengambil alat-alat yang dipinjamkan selama kita kerja. Wearpack, gloves, boots, helm, ear plug, dan kacamata! Dari sana kita dianter ke kantor HSE, ketemu pembimbing kita, Pak Kardiman dan ketemu Kepala Bagian Environmental, Pak Judy. Intinya kita ngobrol2, tentang masalah2 di kilang dan juga pertanyaan yang selalu ditanyain tiap orang tiap kali ketemu kita, sampe kita sendiri mulai males jawabnya : “Asli mana?”, “Kok milih tempat Kpnya jauh banget?”, “Disini tinggal dimana/sama siapa?” atau yang ini : “Udah kemana aja di Balikpapan?” atau yang ini : “Mau ga sama anak saya, lagi kuliah S2 di MIT, butuh cewe ITB segera, langsung dibawa ke Amrik”. #eaaa yes, yang terakhir ini ngaco.

Sudah ketebak juga sih, di kilang ini perempuan itu makhluk langka. Ga heran juga mereka ngeliat cewe kaya ngeliat apaan. Memang terganggu awalnya, tapi ya mau gimana lagi, toh bukan salah mereka juga. Jalanin aja, kita disana pure mau kerja (dan sedikit liburan juga sih hehe). Hari-hari pertama kita lewati dengan masa adaptasi dari makanan sampe keuangan. Dari ngafalin jalan sampe ngafalin rute angkot. Ohiya angkot! Terimakasih sekali lagi pada Ipik yang memberitau kalo bayar angkot disini jauh/dekat TIGA RIBU RUPIAH. Mahal ya? Ya gapapa sih, kalo malem angkotnya full music dan lampunya warna-warni. Kebayar deh.

Minggu awal kita disini agak shock juga, disini living cost nya lumayan (paling ga kalo dibandingin living cost kita di Bandung). Karena belum tau banyak tempat, sekali makan kita bisa ngabisan 20-30ribu. Yakali kalo kita disana cuma seminggu, lah ini kan 2 bulan?? Oke, maka kita putuskan untuk memasak sendiri, jadilah kita beli bahan makanan untuk dimasak.

Dua minggu pertama jadwal kita orientasi ke bagian2 yang ada di kilang, termasuk bagian produksi. Disini kita banyak kenal orang dan mengerti lebih dalam mengenai dunia perminyakan (asik). Sempet ketemu beberapa alumni satu almamater yang udah kerja disini, diantaranya Ka Fahmi dan Ka Ratih. Dua-duanya dari Teknik Kimia yang himpunannya tetanggaan sama himpunan kita ;). Biasanya kegiatan sehari-hari kita selama orientasi ini, paginya dapet materi dan arahan trus siangnya ke lapangan. Makan siang? Ya kita nunggu belas kasihan orang-orang bagian setempat, kalo dikasih syukur, kalo nggak yaa makan siang sendiri di luar. Ohya, bersyukur lho kita kuliah di kampus dimana terdapat tahap TPB yang menyamaratakan semua jurusan untuk dapet matakuliah seperti kimia, kalkulus dan fisika! Kenapa? Karena kita dapat mengerti dunia perminyakan yang lebih cenderung ke arah fisika dan kimia ini tanpa kesulitan, walaupun sebenernya ini bukan bidang kita. Terimakasih ITB! Yea! Dan satu lagi persepsi orang tiap kali kita menyebutkan dari universitas mana kita berasal : “Oh..pinter-pinter dong ya kalian” atau ini : “Ini sih calon-calon bos kita nanti”. Yaa Cuma diaminin aja dalam hati, semoga harapan mereka memang yang menjadi kenyataan. Amin

Assalamualaikum!

1 comment:

aufa kemala said...

hei..kamu nulis lagi?
horai!!