kalimantan (Part I)

Aloha!
Assalamualaikum!
Apakabar!

Assalamualaikum Kalimantan!
Jadi gw bertugas dan akan menjalani kerja praktek selama dua bulan di salah satu perusahaan minyak negara (oke, sebut aja Pertamina). Secara garis besar Pertamina sendiri memiliki 2 kegiatan : Hulu dan hilir. Kegiatan hulu lebih bersifat seperti kegiatan eksplorasi dan pencarian sumur-sumur minyak baru, sedangkan kegiatan hilir lebih kepada proses pengolahan minyak mentah menjadi produk-produk yang dibutuhkan masyarakat. Singkat cerita gw bertugas di Pertamina Refinery Unit V,Balikpapan, Kalimantan Timur.

Gw ga sendiri, gw ditemani 2 orang teman sekampus dan sejurusan dan akan menjadi teman seperjuangan gw selama hidup di Kalimantan, Ata dan Inta. Ini adalah pengalaman pertama gw ke Kalimantan dan stay cukup lama di kampung orang. Yoy!

Kita berangkat dari Jakarta tanggal 23 Mei 2010, pesawat kita take off jam 6 pagi. Secara keseluruhan semua proses dari check in, boarding, sampe ada di pesawat dan take off semua berjalan lancar. Cuma kita sempet sial aja karena snack untuk kita bertiga katanya ketumpahan air dan dengan penuh keibuan, mbak-mbak pramugari menggantinya dengan 3 bungkus besar permen rasa buah-buahan. Well, ga nyambung emang si mbak pramugari ini, tapi nyatanya permen buah-buahan ini berguna bagi kita di kemudian hari.

Sampe di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jiwa norak gw ga terbendung lagi, gw teriak : "Kalimantaaaaan!yeaaaaaaaah!". Norak sih, tapi setidaknya akhirnya gw menginjakkan kaki di pulau ini. Ternyata kita dijemput sama oom gw, Oom Giarto yang emang kerja di Samarinda dan pas banget lagi ada di Balikpapan (Fyi, Balikpapan itu bukan ibukota lho, ibukota KalTim itu Samarinda. Samarinda-Balikpapan kira2 2-3 jam perjalanan).

Dari bandara kita lansung dianter ke wisma tempat kita menginap sementara. Sepanjang perjalanan, first impression gw terhadap kota ini sangat baik : bersih dan teratur, angkutan-angkutan umum memang banyak tapi masih rapi dan ga seenaknya. Ohya, bener kata bokap gw, Balikpapan adalah salah satu kota yang sudah maju, mungkin karena disini juga adalah kota industri, terutama industri migas.

Wisma kita ternyata ada di atas bukit dengan view yang langsung berhadapan dengan kilang dan sangat terlihat jelas flare dengan sesekali terdengar bunyi letupannya. It was really cool, tapi agak spooky. Spooky karena wisma ini sudah cukup berumur dan untuk mencapai wisma ini tanpa kendaraan, kita harus naik bukit dulu. Ohya, dan agak sulit akses kemana-mana karena memang wisma ini masih ada di lingkungan kilang dan kompleks Pertamina.

Hidup kita di hari pertama masih sangat tertolong, setidaknya untuk makan dan jalan-jalan cari kosan (sekali lagi terimakasih untuk Oom Giarto). Kita akhirnya dapet tempat kos untuk kita tinggali selama 2 bulan berikutnya. Nama kosnya adalah Wisma Asia, Jalan Dahor II no.10, deket banget dari kilang, paling cuma 5 menit naik angkot. Ohya, satu nama yg perlu gw sebutkan disini adalah Fikri Rahmansyah, Teknik Perminyakan '06, karena atas rekomendasi dia, kita tau dan sampe di wisma asia ini. Thanks Pik! :)

Hari pertama itu kita tutup dengan nonton Take Me Out dan Inta yang teriak karena ada kecoa di kamar mandi. Well, here we are, ready to have and make a history in Kalimantan. We just don't know what will happen on the next days. Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater kita akan melaksanakan kewajiban kita, membawa nama baik almamater sekaligus meluangkan waktu untuk liburan di kota ini.

See you on next posting,
Assalamualaikum!

No comments: