Tentang Bekerja

Saya ingat benar 2,5 tahun lalu, dengan masih canggung memakai coverall, helm, dan boots, menaiki 4WD sambil diperhatikan dari atas ke bawah oleh orang-orang yang 'merindukan' kehadiran perempuan di dunia kerja mereka, di sebuah kilang minyak.


Selepas dari itu, saya tidak ingat benar apa yang membuat saya pada akhirnya sampai di sini.

By the time I wrote this, saya sedang ada di kamar, ribuan kilometer jauhnya dari Jakarta. Ke sini perlu waktu tempuh 6 jam perjalanan darat dari airport besar atau menyambung dengan connecting flight yang jika cuaca buruk, maka yang bisa dilakukan cuma ikhlas.

Saya beruntung pekerjaan saya tidak selalu office based, saya bisa mati bosan kalo harus begitu. Juga beruntung saya tidak harus kerja roster sepanjang waktu. Semuanya cukup imbang buat saya. Kalau saya ditanya apakah saya bahagia dengan pekerjaan ini? Ya. Apakah saya selalu merasa bahagia dengan pekerjaan ini? Tidak.

Saya percaya jika menyangkut tanggung jawab, semua tidak akan selalu mudah dan bahagia. Kalau saya selalu merasa bahagia, maka saya akan terlalu merasa nyaman, dan jika terlalu merasa nyaman, maka tidak akan ada perkembangan pada diri saya nantinya. Tidak akan pernah ada perkembangan dalam zona nyaman dan berada di zona tidak nyaman bukan berarti tidak bisa bahagia. Karena bahagia itu diciptakan, bukan dicari. 



Ini klise, tapi, keluarlah dari zona nyaman dan jadilah kebahagiaan.

Salam,

PS. As time goes by, saya sudah nggak canggung lagi naik 4WD dan jadi pusat perhatian selapangan :p


No comments: