2012

Back in late 2011, I wrote this.

Kalau saya boleh menyimpulkan tahun 2012 ini, tahun ini adalah tahun penuh dengan belajar dan belajar. Saya percaya bahwa kehidupan yang sebenarnya dimulai ketika lepas dari bangku sekolah. Ketika kesadaran untuk hidup mandiri sudah mulai muncul dan ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan. 

Awal tahun adalah saat-saat yang paling saya senangi, entah kenapa. Mungkin karena ulang tahun saya (dan ulang tahun beberapa sahabat saya) jatuh di awal tahun. Tahun ini pun saya merayakan ulang tahun dengan sangat berkesan. Mulai dari dicelup-celup ke kolam renang sama temen-temen SMA sampe  dikasih surprise kue ulang tahun berbentuk muka laki-laki (?) sama temen-temen kuliah di Bandung. Ah Bandung, tahun ini jadi berat karena semakin jarang saya pulang ke Bandung. Saya memang sudah ga punya tempat tinggal lagi di sana, tapi saya masih menyebutnya sebagai "rumah" dan "pulang". There will always be the piece of your heart in a place you love the most.

Kekecewaan terbesar saya adalah gagalnya saya ke Rinjani bulan Mei tahun ini. Saya cukup hopeless, karena ga tau akan kesana sama siapa lagi. Cukup sulit mencari partner naik gunung, karena ga semua orang mau menyanggupi dan saya sangat bisa mengerti. Tapi, sekali lagi, God works in a mysterious way. Waktu di Balikpapan, saya dikenalkan oleh beberapa orang teman. Kami bertukar cerita dan sama-sama hobi jalan-jalan dan alhamdulillah obrolan kita sampai pada rencana untuk naik Rinjani bersama di tengah tahun 2013 nanti. Tidak berhenti di situ, beberapa hari setelahnya, ketika bercerita tentang rencana (yang beberapa masih jadi wacana) trip-trip saya di 2013 dan menyebut nama "Rinjani" pada teman-teman kantor, mereka semua langsung mengamini dan bersedia menjadi partner, ga hanya satu orang, bahkan COO saya pun bersedia ikut. Here we go, sekarang saya pusing sendiri mengatur ini itu dan cari-cari tiket pesawat ke sana :D

Tahun ini juga berarti perjalanan. Saya kembali ke Kalimantan setelah 2,5 tahun meninggalkan pulau itu. 

"Sekali kamu pernah ke sini, pasti akan balik lagi. Liat aja, suatu saat pasti kamu akan balik ke sini." Kolega saya pernah bilang ini 2 tahun yang lalu.



Dan ternyata betul, atau entah memang hanya kebetulan. Selalu ada pelajaran di setiap perjalanan. Saya termasuk orang yang sangat menikmati perjalanan darat, walaupun harus ditempuh berjam-jam, tapi di saat itulah saya mempunyai waktu dengan diri saya sendiri. Saya menikmati perjalanan tiap kali ke site, di saat orang-orang lain mulai tertidur, saya tetap bangun, entah apapun yang saya pikirkan, saya sangat menikmati saat-saat seperti itu. Beberapa trip di luar pekerjaan juga berhasil terlaksana tahun ini, you might think that it is too much, but these things are the source of my happiness.

Tahun ini, satu anak tangga sudah dinaiki, tentu dengan tanggung jawab yang semakin besar dan juga pengorbanan. Waktu yang saya korbankan di lapangan dan sangat sedikit waktu di rumah. Rasanya belum ada perubahan yang segitu drastis dalam hidup saya untuk tahun ini. Saya masih ga suka duren, saya masih punya masalah dengan bangun pagi terutama kalau harus mengejar pesawat (doh!), saya masih careless sama barang-barang pribadi saya (terakhir saya baru sadar kalo sepatu lapangan saya ketuker setelah....10 hari berlalu haha).

Tapi selain itu, tahun ini adalah tahun dimana saya cukup banyak menulis. Saya bukan penulis profesional, tapi senang membagi sesuatu melalui tulisan. Terimakasih kepada Lalita yang telah mengajak saya bergabung di Jurnal Hijau untuk menjadi penulis di sana. Entah dibaca atau tidak, tapi ada kepuasan tersendiri setelah nulis (beneran!). Sampai suatu saat tulisan saya dibaca oleh supervisor saya dan beliau meminta saya menulis dalam versi Bahasa Inggris untuk diterbitkan di portal internal. Begitu juga banyak foto-foto perjalanan yang tercipta di tahun ini, walaupun ga ngerti teknik fotografi dan ngambil foto cuma pake feeling (?) aja, tapi seneng banget waktu tau salah satu foto yang tadinya saya submit untuk ikutan lomba, malah dimasukin di suatu artikel online oleh Wego Indonesia (padahal cuma gitu doang tapi seneng).

2 hari lalu Weiley mengirim pesan singkat melalu e-mail:
"You should be grateful to start all of this at your young age, keep writing and dancing in your book of life." Setelah itu dia menyebut saya dengan "Young, Talented, and Single." (Iya kata yang terakhir itu emang agak mengganggu).

Oh ya, today is Mom's Day. Warm regards to all great moms out there and to my mom, the one who let her one and only daughter to do things she likes, to break the boundary, to pursue the horizon. The one who always says before my every departure: "Hati-hati Fetri, sholatnya jangan tinggal."

I love you.

1 comment:

Venessa Allia said...

"Hati-hati , sholatnya jangan tinggal."

persis pesen nyokap gw jg kalo gw kemana-mana

Have a great year a head pe ;)