truly inspiration

Beberapa hari yang lalu, gw nonton Kick Andy. On that episode, menghadirkan orang-orang "luar biasa". Maksudnya "luar biasa" disini adalah orang-orang yang let's say, mereka memiliki keterbatasan fisik dan mental seperti mental retardation, autism, down syndrome, cerebral palsy dan motoric neuron disorder. I call them "luar biasa" karena dengan segala keterbatasannya, mereka hebat, mereka punya prestasi masing-masing. Ada penderita autism yang bisa membuat his own book, in Indonesian and English. Ada penderita down syndrome yang bisa meraih banyak medali olimpiade di bidang olahraga.

Salah satu cerita yang touchy untuk gw adalah mengenai seorang anak yang divonis menderita cerebral palsy, semacam cidera otak sehingga dia ga bisa mengontrol motoriknya. Gw pernah membaca tentang cerabral palsy ini di artikel sebuah media cetak, and as I know, salah satu penyebab gangguan ini adalah karena otak tidak cukup menerima oksigen. Tapi si anak yang bernama Dewa itu, keliatan banget dari wajahnya dia bahagia dan semangat.

Major gw biologi, sedikit banyak gw tau mengenai berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh gangguan saraf motorik maupun sensorik. I mean, gw tau betapa hebatnya gangguan yang dihasilkan kalau sistem saraf kita terganggu, it will effect almost every part of our body karena memang sistem saraf yang mengendalikan hampir setiap organ dan sistem organ kita. Itulah yang membuat gw kagum, semangat mereka tinggi, mereka kuat. Mereka bisa melakukan hal-hal yang mungkin belum tentu kita yang normal bisa melakukannya, mereka mampu menunjukkan kepada dunia, "Hey, This is me! I can do anything I want!". They are such a great people, I adore them, they are truly my inspiration.

Gw yang physically sehat, sehat secara fisik dan mental kadang-kadang masih suka males-malesan, pengen ini, pengen itu, nyusahin dan segala macemnya. Melihat mereka, gw jadi bisa ngaca. I'm too lucky to have everything perfect. Sehat dan bisa kuliah di tempat yang diidam-idamkan banyak orang, difasilitasi lengkap, hidup enak dan nyaman.

Gw kagum dengan mereka. Jangan pandang mereka sebelah mata, hanya karena mereka cacat. Belum tentu kita yang normal jauh lebih hebat dari mereka. Lindungi mereka. sayangi mereka, anggap mereka 'ada'. Mereka juga butuh cinta sama seperti kita.

Buka mata, hati, dan telinga
good quotes, tapi menurut gw itu aja belum cukup.
buka pikiran kamu juga, sehingga kamu bisa mikir apa yang seharusnya kamu lakukan dan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat keadaan jadi lebih baik dengan caramu sendiri.

3 comments:

Anonymous said...

gua salut ama tulisan kamu..smart..
coba deh jadi writer..hehe.
peace....

2008sebastian@gmail.com

Fetriza Rinaldy said...

hmm.thanks..

lista lis gallery said...

blogwalk..
slm kenal, kdg dr keterbatasan justru melahirkan lebih banyak inspirasi ya.

keren deh kalimat yg terakhir..
betul bgt blm cukup cuma buka mata, hati, telinga, tp

"buka pikiran kamu juga, sehingga kamu bisa mikir apa yang seharusnya kamu lakukan dan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat keadaan jadi lebih baik dengan caramu sendiri."

thank you for this post,, :)